Minggu, 15 Mei 2011

manajemen



Manajer adalah seorang yang melakukan proses manajemen. Sedangkan manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap sumber daya – sumber daya yang dimiliki oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Jadi, organisasi merupakan obyek sasaran dari proses manajemen atau bagian dari proses manajemen yang dijalan kan oleh seorang manajer. Bila seorang manajer mengetahui konsep dasar manajemen dengan baik, dan dapat menerapkan pada organisasi yang dikelolanya, maka orgnisasi tersebut akan dapat mencapai tujuanya.

Proses manajemen adalah suatu proses atau lamgkah - langkah yang melingkupi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya – sumber daya organisasi lainya agar mencapai tujuan oragnisasi yang telah ditentukan.

Kemampuan konseptual seorang manajer adalah kemampuan yang lebih berurusan kepada penetapan tujuan. Kemudian dengan melihat sumber daya- sumber daya yang dimiliki ia mampu untuk membuat suatu perencanaan, penyusunan kepegawaian, kemudian menyusun hubungan koordinasi antar bagian, dan individu. Kemampuan ini juga menyusun agar bagaimana suatu sistem pengawasan yang ada dapat ,mengoptimalkan seluruh sumber daya. Sedangkan kemampuan analisis adalah kemampuan seorang manajer untuk melihat kondisi internal dan eksternal organisasi. Kemudian dianalisa dan diperkirakan segala kemungkinan dan peluang yang bisa terjadi. Dalam pelaksanaan proses manajemen, segalanya tidak selalu berjalan dengan lancar selalu ada hambatan – hambatan yang mengganggu. Untuk itulah kemampuan menganalisa suatu kejadian, masalah, atau keadaan sangat diperlukan untuk memunculkan suatu solusi pada perusahaan atau organisasi.

Efisien adalah kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Ini merupakan konsep matematik antara input dan output. Output (hasil) mencapai jumlah yang tinggi daripada masukan ( bahan dan tenaga kerja). Sedangkan Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata laian kemampuan yang tepat untuk memilih prosedur kerja apa yang harus dilakukan, atau metode yang tepat untuk mencapai tujuan.

Faktor yang mendorong keberhasilan seorang manajer.

a) Kepemilikan Kompetensi ( bersifat kontekstual, identifible, measurable ).
b) Efisiensi struktur organisasi. Struktur organisasi yang tepat akan menyukseskan organisasi dan manajernya.
c) Fasilitas.
d) Modal
e) Sistem kinerja organisasi. Sebuah sistem yang mapan akan mempermudah suatu organisasi tumbuh dan berkembang menjdai sukses.
f) Lingkungan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More